Sunday, January 6, 2013

TEBISAQ, PENDUDUKNYA MASIH SANGAT BERGANTUNG KEPADA ROTAN



Kampung Tebisaq berada di hilir Kampung Sangsang. Pada saat kebakaran hutan dan lahan terjadi, kawasan kampung ini luput dari api. Sehingga dapat dipastikan kondisi tutupan lahan termasuk kebun rotannya masih terjaga dengan baik. Potensi rotan bisa dikatakan cukup besar. Dari sekitar 105 KK, 80% nya memiliki kebun rotan dengan luas antara 1 – 5 hektar.

Kehidupan sosial di kampung ini terasa lambat. Bentuk rumah maupun kondisi lingkungan kampung masih mengesankan keadaan yang jauh dari kondisi yang diinginkan. Bagi masyarakat bertani rotan menjadi pilihanyang baik untuk menggantungkan hidup. Oleh karena itu kehadiran pengumpul atau penampung rotan yang membeli hasil dari kebun dengan harga wajar sangat diharapkan.

Jumlah bidang kebun yang diukur sebanyak 2 buah milik 2 orang petani. Tambahan informasi dilakukan melelui pengisian kuesioner untuk setiap pemilik kebun yang disurvey. Untuk data penunjang juga di buat 2 Petak Ukur (PU) di kawasan non kebun untuk mengetahui kelimpahan rotan alam.

No comments:

Post a Comment