Sunday, January 6, 2013

PAYANG, SEBAGIAN BESAR PENDUDUKNYA BERGANTUNG PADA ROTAN



Jumlah Kepala Keluarga (KK) di kampung Payang tercatat sebanyak 78 KK. Lebih kurang 60%-nya adalah memiliki kebun rotan. Saat ini banyak masyarakat Payang yang disibukkan dengan urusan ganti rugi lahan oleh PT. Trubaindo kelompok BANPU sebuah perusahaan batubara yang beroperasi di sekitar kampung. Pekerjaan utama masyarakat yakni berladang sedikit banyak dikesampingkan untuk sesaat termasuk urusan kebun rotan.

Jenis rotan yang ditanam di kebun selain pulut merah terdapat juga jahab dan sega. Rata-rata masyarakat memiliki kebun rotan. Ketiadaan pengumpul dan masalah harga jual yang rendah juga menjadi kendala produksi rotan di Payang. Padahal potensi rotan di kampung ini dapat mencapai ± 30 ton rotan sega. Keberadaan organisasi seperti P3R (Perkumpulan Petani dan Pengrajin Rotan) sangat diharapkan untuk membantu pemasaran rotan petani/masyarakat.

Jumlah bidang kebun yang diukur sebanyak 3 buah milik 3 orang petani. Tambahan informasi dilakukan melelui pengisian kuesioner untuk setiap pemilik kebun yang disurvey. Untuk data penunjang juga di buat 2 Petak Ukur (PU) di kawasan non kebun untuk mengetahui kelimpahan rotan alam.

No comments:

Post a Comment