Friday, January 11, 2013

MENDIKA, SATU KAMPUNG DARI PULUHAN KAMPUNG DI SUNGAI KEDANG PAHU SEBAGAI PENGHASIL ROTAN PULUT



Kampung Mendika (= Mentika) berada di DAS Kedang Pahu. Di kampung yang umum masyarakatnya bertani dan berladang ini, tim sedikit mengalami kesulitan berinteraksi dengan masyarakat karena kesibukan Petinggi Kampung.
Beberapa petani yang dihubungi juga tidak dapat memberikan gambaran informasi tentang kondisi kebun rotan di kampung tersebut. Bahkan saat ini sebagian masyarakat banyak yang bekerja di proyek pembangunan jembatan milik perusahaan batubara yang akan beroperasi di sekitar kawasan Bentian Besar dan Muara Lawa
Jumlah bidang kebun yang diukur sebanyak 2 buah milik 2 orang petani. Tambahan informasi dilakukan melelui pengisian kuesioner untuk setiap pemilik kebun yang disurvey sebanyak 2 buah. 
Selain itu juga dibuat Petak Ukur untuk memperoleh informasi potensi rotan alam di sekitar kampung. Informasi harga rotan sega basah di Mendika dijual seharga Rp. 1000 per kilo gramnya.
Batas kebun dipetakan dengan menggunakan GPS (apabila memungkinkan mendapatkan sinyal yang cukup). Jumlah bidang kebun yang diukur sebanyak 2 buah milik 2 orang petani. 

Tambahan informasi dilakukan melelui pengisian kuesioner untuk setiap pemilik kebun yang disurvey sebanyak 2 buah.

No comments:

Post a Comment